Langsung ke konten utama

INSTALASI KABEL UTP CAT 6 MENGGUNAKAN PANDUIT MODULAR JACK




PEMBAHASAN MODULAR JACK  
  Modular jack merupakan soket atau titik komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan atau menyambungkan kabel pada dinding atau wallplate. Dalam modular jack kabel dihubungkan dengan mengikuti alur warna yang sudag ditentukan sejak awal. Modular jack disebut juga dengan istilah keystone jack yang artinya konektor female yang digunakan pada komunikasi data pada jaringan lokal atau LAN.Modular jack biasanya berfungsi untuk penghubung atau konektor female yang terhubung dari panel modular jack lalu dari modular jack itu sendiri nanti dihubungkan ke patch cord yang disambungkan ke berbagai jaringan seperti telepon, printer, komputer, maupun wireless router.Modular jack sebenarnya ingin memudahkan seseorang dalam menggunakan jaringan. Tanpa modular jack sebuah jaringan pun bisa berfungsi. Ini bisa disiasati dengan penggunaan kabel UTP (unshielded twisted pair) maupun kabel STP (shielded twisted pair) yang berasal dari port switch ke komputer secara langsung.

PEMASANGAN KABEL UTP CAT 6 MENGGUNAKAN MODULAR JACK

      Alat dan Bahan:
      -Kabel UTP cat 6
      -Modular jack conector
      -Netkey termination tool
      -LAN tester
      -UTP Cable cutter stripper

Tampilan Kabel UTP Cat 6

Tampilan Netkey Termination Tool
Tampilan Modular Jack Conector
Tampilan UTP Cable Cutter Stripper

Tampilan LAN tester

       LANGKAH-LANGKAH:
       1.Kupas jaket pelindung kabel sesuai dengan kebutuhan.



       2.Susun kabel sesuai dengan standar yang akan digunakan.


      3.Masukan kedalam boot mengikuti alur yang telah disediakan.


      4.Susun sesuai dengan standart yang akan di gunakan, panduan terdapat pada panduit modular jack.

      5.Susunan pemasangan menggunakan panduit modular Jack .


       6.Buka twist masing-masing kabel dan pasangkan ke pengepit yang telah di sediakan sesuai dengan standart yang akan digunakan.


       7.Tempatkan masing-masing kabel dan pasangkan ke pengepit yang telah di sediakan sesuai dengan standart yang akan digunakan.


       8.Potong kelebihan kabel sehingga menjadi rapi.


      9.Terminasi ke Panduit jack menggunakan netkey termination tool.


Berikut adalah video dari cara instalasi kabel utp cat 6:

https://www.youtube.com/watch?v=7in9grK2-Dw

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WAWASAN KABEL UTP

SEJARAH KABEL UTP    Kabel UTP pertama kali diperkenalkan sebelum tahun 1983 oleh Amerika serikat, mempunyai fungsi untuk menghubungkan telefon analog Plain Old Telephone Service (POTS). Karakteristik kelistrikan dari kabel ini tidak cocok jika diterapkan untuk transmisi data digital pada jaringan komputer, dan karena itulah tidak pernah digunakan untuk tujuan tersebut. Kemudian pada tahun 1990-an baru seluruh jaringan yang berada di Amerika menggunakan kabel UTP untuk kepentingan komunikasi dan transfer data digital Kabel UTP adalah kabel khusus untuk transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. PEMBAHASAN KABEL UTP    Kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasa
    PROFIL PERUSAHAAN Nusantara Data Center(NDC) adalah pusat data jaringan terbesar yang berada di 5 kota berbeda di Medan, Batam, Palembang, Jakarta dan Surabaya, yang semuanya saling terkait dan terintegrasi dengan Public Data Center. Ide dasar dari proyek ini adalah membangun gedung khusus data center layaknya Gedung Cyber di Jakarta untuk beberapa kota besar,khusunya di luar pulau Jawa.Nusantara Data Center(NDC) menyediakan data center dengan standard internasional dan berlokasi di Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, Denpasar. Semuanya dirancang dengan konsep modern operasi data center untuk mengemukakan keamanan, kehandalan, efisiensi, dan ketersediaan, serta ramah lingkungan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.     NUSANTARA DATA CENTER BATAM            Salah satunya di Batam, Nusantara Data Center Batam(NDC BATAM) terletak di wilayah Batam, Indonesia yang beralamat di Jl. Citra Lautan Teduh No