Langsung ke konten utama

WAWASAN KABEL UTP

SEJARAH KABEL UTP
  Kabel UTP pertama kali diperkenalkan sebelum tahun 1983 oleh Amerika serikat, mempunyai fungsi untuk menghubungkan telefon analog Plain Old Telephone Service (POTS). Karakteristik kelistrikan dari kabel ini tidak cocok jika diterapkan untuk transmisi data digital pada jaringan komputer, dan karena itulah tidak pernah digunakan untuk tujuan tersebut. Kemudian pada tahun 1990-an baru seluruh jaringan yang berada di Amerika menggunakan kabel UTP untuk kepentingan komunikasi dan transfer data digital
Kabel UTP adalah kabel khusus untuk transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan.

PEMBAHASAN KABEL UTP


   Kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel. Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.Fungsi kabel UTP yaitu dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem network/jaringan komputer, dan umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

CARA INSTALASI KABEL UTP CAT 5
    Kabel UTP CAT5 adalah kabel UTP yang saat ini banyak digunakan di dunia jaringan komputer. Kecepatan transmisi datanya mencapai 100 Mbps, sehingga dapat mendukung jaringan Token Ring, Ethernet (10BaseT) dan FastEthernet (100BaseT). Bahkan support untuk GigabitEthernet (1000BaseT). Selain kecepatan transmisinya yang dapat mendukung jaringan modern seperti saat ini, kabel UTP CAT5 juga lebih murah dari jenis kabel serat optik (Fiber Optic), hanya saja kecepatan 1 Gbps itu untuk jarak dibawah 100 meter.

      Bahan dan Alat:
      -Kabel UTP cat 5      
      -Konektor RJ-45 
      -Crimping tool 
      -LAN tester

Tampilan Kabel UTP Cat 5
Tampilan RJ-45
Tampilan Crimping tool
Tampilan LAN tester
      LANGKAH-LANGKAH:
     1.Potong kabel sesuai dengan kebutuhan.
     
       
     2.Kupas jaket kabel utp cat5 sesuai dengan kebutuhan.


     3.Susun kabel utp cat 5 sesuai standar yang akan digunakan.


     4.Potong kabel utp cat 5 secara rata dan rapat.


   5.Masukkan kabel UTP cat 5 ke dalam konektor RJ45. Pastikan urutan kabel benar, jaket pelindung masuk ke RJ-45, dan semua kabel telah masuk sempurna hingga menyentuh pangkal RJ-45.


     6.Crimping konektor RJ-45 beserta kabel utp cat 5 menggunakan crimping tool


    7.Kalau sudah kemudian kita test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses.


Berikut adalah video dari cara instalasi kabel UTP cat 5:


https://www.youtube.com/watch?v=k4aL62ixJVc

CARA INSTALASI KABEL UTP CAT 5E
    Kabel CAT5e adalah transformasi dari kabel CAT5, dengan kecepatan maksimum 1 Gbps. Support untuk jaringan GigabitEthernet. Kategori ini sebenarnya adalah tingkat lanjut dari CAT5 (dalam arti menawarkan kemampuan yang lebih baik dari CAT5), yang diproyeksikan untuk penggunaan jaringan GigabitEthernet dengan frekuensi 100 Mhz meskipun kabel CAT6 lebih direkomendasikan untuk jenis jaringan tersebut. 

        Bahan dan Alat:
        -Kabel UTP Cat 5e
       -Konektor RJ-45
       -Tang Crimping
       -LAN tester


Kabel UTP cat 5e
Konektor RJ-45 Cat 5e

Tang crimping
LAN tester
         LANGKAH-LANGKAH:
         1.Potong kabel sesuai dengan kebutuhan.


         2.Kelupas jaket pelindung pada kabel kira-kira sekitar 2 cm(untuk latihan).


         3.Pisahkan pilinan pada kabel sesuai dengan warnanya.


          4.Urutkan sesuai dengan standarisasi yang ada.


           5.Potong secara rata jika kabel sudah diurutkan, sisakan sekitar 1,5cm.


         6.Masukkan kabel UTP ke dalam konektor RJ45. Pastikan urutan kabel benar, jaket pelindung masuk ke RJ45, dan semua kabel telah masuk sempurna hingga menyentuh pangkal RJ45).



         7.Crimping konektor RJ45 beserta kabel tersebut dengan Tang Crimping. 



       8.Kalau sudah kemudian kita test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses.


Berikut adalah video dari cara instalasi kabel utp cat 5e:
https://www.youtube.com/watch?v=vFVSbcBJrxw


CARA INSTALASI KABEL UTP CAT 6
     Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.Kabel UTP kategori 6 memiliki kecepatan transmisi data hingga 10 Gbps dengan frekuensi komunikasi 250Mhz dan mendukung komunikasi data dan suara digital. Umumnya kabel jenis ini digunakan pada jaringan Gigabit Ethernet dan 10G Ethernet dengan panjang hingga 55 meter.

        Bahan dan Alat:
        -Kabel UTP cat 6
        -Modular panduit cat 6
        -Crimping tool

Tampilan Kabel UTP Cat 6
Tampilan Modular Panduit Cat 6
Tampilan Crimping tool

         LANGKAH-LANGKAH:
         1.Kupas jaket kabel UTP cat 6 kira-kira 1,5".



         2.Susun kabel sesuai standar yang akan digunakan.


        3.Masukan kedalam boot mengikuti alur yang telah disediakan.


        4.Sususan pemasangan mengunakan panduit modular Jack.


       5.Susun sesuai dengan stadart yang akan di gunakan, panduan terdapat pada jack.


      6.Buka twist masing-masing kabel dan pasangkan ke pengepit yang telah di sediakan sesuai dengan standart yang akan digunakan.


       7.Potong kelebihan kabel sehingga menjadi rapi.


       8.Crimping modular panduit beserta kabel  mengunakan Crimping tools.


Berikut adalah video dari cara instalasi kabel UTP cat 6:
https://www.youtube.com/watch?v=WUuVyNg1ZRw




sumber:http://hardiyanto-81.blogspot.co.id/2012/08/pengkabelan-untwisted-pair-utp-cat-6.html
           http://www.pengertianku.net/2015/01/pengertian-kabel-utp-dan-fungsinya-secara-lengkap.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTALASI KABEL UTP CAT 6 MENGGUNAKAN PANDUIT MODULAR JACK

PEMBAHASAN MODULAR JACK     Modular jack merupakan soket atau titik komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan atau menyambungkan kabel pada dinding atau wallplate. Dalam modular jack kabel dihubungkan dengan mengikuti alur warna yang sudag ditentukan sejak awal. Modular jack disebut juga dengan istilah keystone jack yang artinya konektor female yang digunakan pada komunikasi data pada jaringan lokal atau LAN.Modular jack biasanya berfungsi untuk penghubung atau konektor female yang terhubung dari panel modular jack lalu dari modular jack itu sendiri nanti dihubungkan ke patch cord yang disambungkan ke berbagai jaringan seperti telepon, printer, komputer, maupun wireless router. Modular jack sebenarnya ingin memudahkan seseorang dalam menggunakan jaringan. Tanpa modular jack sebuah jaringan pun bisa berfungsi. Ini bisa disiasati dengan penggunaan kabel UTP (unshielded twisted pair) maupun kabel STP (shielded twisted pair) yang berasal dari port switch ke komputer secara l
    PROFIL PERUSAHAAN Nusantara Data Center(NDC) adalah pusat data jaringan terbesar yang berada di 5 kota berbeda di Medan, Batam, Palembang, Jakarta dan Surabaya, yang semuanya saling terkait dan terintegrasi dengan Public Data Center. Ide dasar dari proyek ini adalah membangun gedung khusus data center layaknya Gedung Cyber di Jakarta untuk beberapa kota besar,khusunya di luar pulau Jawa.Nusantara Data Center(NDC) menyediakan data center dengan standard internasional dan berlokasi di Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, Denpasar. Semuanya dirancang dengan konsep modern operasi data center untuk mengemukakan keamanan, kehandalan, efisiensi, dan ketersediaan, serta ramah lingkungan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.     NUSANTARA DATA CENTER BATAM            Salah satunya di Batam, Nusantara Data Center Batam(NDC BATAM) terletak di wilayah Batam, Indonesia yang beralamat di Jl. Citra Lautan Teduh No