Langsung ke konten utama

WAWASAN PALAPA RING BARAT


Proyek Palapa Ring Barat Mulai Bangun Fiber Optik di Laut
    Setelah selesai melakukan penggelaran kabel serat optik di darat, kini proyek Palapa Ring Paket Barat mulai menggelar kabel fiber optik di bawah laut yang akan dimulai pembangunannya pada Minggu (6/8). Pembangunan ini akan dibagi menjadi 2 tahap yang pelaksanaannya dikerjakan secara paralel.

   Penggelaran kabel serat optik laut tahap pertama ini akan memiliki panjang kabel sekitar 1.242 kilo meter (km) meliputi segmen Tanjung Bembam Batam - Tarempa (369 km), segmen Tarempa - Ranai (322 km), segmen Ranai - Singkawang (352 km), dan segmen Sekanah Daik Lingga - UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).

     Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan penggelaran kabel serat optik laut ini ditangani secara hati-hati dengan koordinasi bersama instansi Badan Keamanan Laut (Bakamla)."Kabel bawah laut ada yang ditanam untuk menghindari kerusakan dari aktivitas kapal-kapal bersandar dan ada yang menggantung, sehingga di sini dibutuhkan koordinasi dengan instansi terkait yaitu Bakamla," ujar Rudiantara yang meresmikan penggelaran kabel optik laut di atas kapal Limin Venture di lautan Pulau Batam.


    Walau secara kontrak Palapa Ring Barat selesai pada Februari 2018, namun Rudiantara berharap pembangunannya dapat selesai pada akhir 2017 mendatang."Untuk Palapa Ring Barat secara kontrak seharusnya selesai pada bulan Februari 2018, tadi saya bicara dengan Pelaksana Palapa Ring Barat yang akan didorong untuk selesai di akhir 2017, Insya Allah bisa," tambah Rudiantara.

   Penggelaran kabel di tahap pertama dilakukan dengan kapal Limin Venture yang berjenis vessel. Kendati mempunyai kapasitas penyimpanan kabel sepanjang 1.500 KM, namun kapal yang memiliki 3 tangki penyimpanan kabel itu hanya bisa menggelar kabel dengan batas ke dalaman minimum 20 meter.Sementara penggelaran kabel serat optik laut untuk tahap kedua rencananya akan segera dilaksanakan pada awal September dan juga ditargetkan rampung pada akhir Desember tahun ini.
  
  sumber:https://kumparan.com

Pemasangan Kabel Bawah Laut "Palapa Ring Barat"
   Pemasangan kabel serat optik bawah laut dalam proyek Palapa Ring Barat telah resmi dimulai. Pembangunan tersebut rencananya akan dilakukan dalam dua tahap pengerjaan.


    Tahap pertama, total panjang kabel serta optik bawah laut yang digelar adalah sekitar 1.242 km. Kabel ini bakal meliputi segmen Tanjung Bembam Batam – Tarempa (sepanjang 369 km); segmen Tarempa – Ranai (322 km); segmen Ranai – Singkawang (352 km); dan segmen Sekanah Daik Lingga – UQJ Bintan Tanjung Bembam (199 km).Selanjutnya tahap kedua adalah pembangunan kabel serat optik bawah laut dari Batam – Karimun – Tebing Tinggi – Bengkalis – Siak serta segmen Daik Lingga – Kuala Tungkal.
“Dari pembangunan Palapa Ring Barat ada sisi darat dan sisi lautnya, saya diberitahu kalau sisi darat sepenuhnya telah selesai. Sekarang betul-betul kabel optik nya yang digelar di sisi laut, kabel optik di tarik  digelar di bawah laut sampai ke landing stasiun tujuan,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam keterangan resminya pada KompasTekno, Minggu (6/8/2017).

   Pemasangan kabel serat optik bawah laut tahap pertama dilakukan menggunakan kapal Limin Venture, berjenis vessel, yang memakai bendera Indonesia.Tahap pertama itu ditargetkan selesai pada akhir Desember 2017 mendatang. Sedangkan pemasangan kabel serta optik bawah laut tahap kedua rencananya dilaksanakan pada awal September dan ditargetkan rampung pada akhir Desember 2017.


     Proyek Palapa Ring Barat telah mencapai financial close sejak sekitar setahun lalu. PT Palapa Ring Barat yang merupakan Badan Usaha Pelaksana diberi waktu 18 bulan untuk menyelesaikan seluruh pembangunan serta mulai beroperasi. Namun ada kemungkinan Palapa Ring Barat bakal lebih cepat memulai operasinya.
“Untuk Palapa Ring Barat secara kontrak seharusnya selesai pada bulan Februari 2018, tadi saya bicara dengan Pelaksana Palapa Ring Barat yang akan didorong untuk selesai di akhir 2017, Insya Allah bisa,” terang Rudiantara.

    Palapa Ring merupakan program yang menghubungkan seluruh ibu kota kabupatan/kota dengan kabel optik  terutama untuk daerah yang saat ini belum dijamah dengan Internet berkecepatan tinggi. Semua harus selesai di tahun 2019.Untuk pembangunan Proyek Palapa Ring Paket Barat terdapat beberapa tahapan (milestone) dalam pelaksanaannya, mulai dari proses akuisisi lahan, pekerjaan civil, mechanical dan electrical Network Operation Center (NOC) dan Beach Man Hole (BMH), penggelaran kabel serat optik darat, penggelaran kabel serat optik laut, instalasi perangkat aktif, dan Network Management System.Pembangunan di sisi darat seluruhnya sudah selesai, sehingga sekarang dimulai pemasangan kabel serat optik bawah laut.

  sumber:http://tekno.kompas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTALASI KABEL UTP CAT 6 MENGGUNAKAN PANDUIT MODULAR JACK

PEMBAHASAN MODULAR JACK     Modular jack merupakan soket atau titik komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan atau menyambungkan kabel pada dinding atau wallplate. Dalam modular jack kabel dihubungkan dengan mengikuti alur warna yang sudag ditentukan sejak awal. Modular jack disebut juga dengan istilah keystone jack yang artinya konektor female yang digunakan pada komunikasi data pada jaringan lokal atau LAN.Modular jack biasanya berfungsi untuk penghubung atau konektor female yang terhubung dari panel modular jack lalu dari modular jack itu sendiri nanti dihubungkan ke patch cord yang disambungkan ke berbagai jaringan seperti telepon, printer, komputer, maupun wireless router. Modular jack sebenarnya ingin memudahkan seseorang dalam menggunakan jaringan. Tanpa modular jack sebuah jaringan pun bisa berfungsi. Ini bisa disiasati dengan penggunaan kabel UTP (unshielded twisted pair) maupun kabel STP (shielded twisted pair) yang berasal dari port switch ke komputer secara l

WAWASAN KABEL UTP

SEJARAH KABEL UTP    Kabel UTP pertama kali diperkenalkan sebelum tahun 1983 oleh Amerika serikat, mempunyai fungsi untuk menghubungkan telefon analog Plain Old Telephone Service (POTS). Karakteristik kelistrikan dari kabel ini tidak cocok jika diterapkan untuk transmisi data digital pada jaringan komputer, dan karena itulah tidak pernah digunakan untuk tujuan tersebut. Kemudian pada tahun 1990-an baru seluruh jaringan yang berada di Amerika menggunakan kabel UTP untuk kepentingan komunikasi dan transfer data digital Kabel UTP adalah kabel khusus untuk transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. PEMBAHASAN KABEL UTP    Kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang di bagian dalamnya berisikan 4 pasa
    PROFIL PERUSAHAAN Nusantara Data Center(NDC) adalah pusat data jaringan terbesar yang berada di 5 kota berbeda di Medan, Batam, Palembang, Jakarta dan Surabaya, yang semuanya saling terkait dan terintegrasi dengan Public Data Center. Ide dasar dari proyek ini adalah membangun gedung khusus data center layaknya Gedung Cyber di Jakarta untuk beberapa kota besar,khusunya di luar pulau Jawa.Nusantara Data Center(NDC) menyediakan data center dengan standard internasional dan berlokasi di Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Surabaya, Denpasar. Semuanya dirancang dengan konsep modern operasi data center untuk mengemukakan keamanan, kehandalan, efisiensi, dan ketersediaan, serta ramah lingkungan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung.     NUSANTARA DATA CENTER BATAM            Salah satunya di Batam, Nusantara Data Center Batam(NDC BATAM) terletak di wilayah Batam, Indonesia yang beralamat di Jl. Citra Lautan Teduh No